PERATURAN & REGULASI
PERATURAN & REGULASI

Para peserta diwajibkan untuk membaca seluruh aturan dan pedoman dibawah ini secara seksama sebelum mendaftarkan diri untuk Semarang 10K.

  1. Kategori yang diperlombakan adalah 10K Open (International), 10K Nasional, dan 10K Pelajar.
  1. Jarak yang didapat pada pengukuran terakhir adalah 10.12 KM
  1. Yang bisa mendaftar adalah warga negara Indonesia dan warga negara asing.
  1. Peserta harus berumur minimal 14 tahun pada hari perlombaan (15 Desember 2019), untuk kategori podium Master 40+ Nasional minimal berumur 40 tahun pada hari perlombaan (15 December 2019 ).
  1. Peserta kategori 10K Student adalah mereka yang memiliki status pelajar berumur antara 14 tahun sampai 17 tahun pada hari perlombaan (15 Desember 2019). Peserta 10K student yang ketahuan tidak memiliki status pelajar, belum berumur 14 tahun atau sudah lewat dari 17 tahun pada hari perlombaan akan digugurkan/diskualifikasi. Status pelajar harus dapat dibuktikan dalam bentuk kartu pelajar atau surat pernyataan dari sekolah.
  1. Para peserta yang masih dibawah umur 17 tahun pada saat perlombaan, diharuskan untuk membawa surat izin orang tua (parental consent letter). Format surat izin dapat diunduh disini
  1. Hadiah untuk pemenang diberikan untuk laki-laki dan perempuan di masing-masing kategori.
  1. Podium juara 10K Open diberikan untuk pemenang dari semua warga negara yang mendaftar di kategori 10K Open.
  1. Podium juara 10K National diberikan untuk pemenang dari warga negara Indonesia yang mendaftar di kategori 10K National.
  1. Podium Juara 10K Nasional Master 40+ diberikan untuk pemenang warga negara Indonesia yang mendaftar di kategori 10K Nasional dan tidak mendapatkan salah satu podium hadiah umum Nasional. Peserta Master 40+ Nasional yang sudah mendapatkan podium 10K Nasional tidak berhak mendapatkan podium Master 40+ Nasional, begitu juga sebaliknya.
  1. Podium juara 10k Pelajar diberikan untuk pemenang warga negara Indonesia yang mendaftar di kategori 10K Pelajar dan memenuhi kriteria kategori 10K Pelajar.
  1. Para peserta dihimbau untuk mendapatkan rekomendasi medis dari dokter terkait dengan kondisi kesehatan saat menjelang hari lomba.
  1. Setiap peserta memahami sepenuhnya bahwa olahraga ini memiliki resiko yang dapat mengakibatkan cedera, cacat bahkan kematian.
  1. Peserta pendaftar tidak dapat dialihnamakan dan bersifat final serta menerima sepenuhnya atas seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku. Barangsiapa memberikan nomor lomba (bib) nya kepada pihak/peserta lain akan didiskualifikasi dari perlombaan.
  1. Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan. Pihak penyelenggara memiliki hak untuk menolak pendaftaran setelah pendaftaran diterima apabila ada pendaftar yang memberikan informasi salah.
  1. Perlu diingat bahwa inspeksi akan dilaksanakan selama perlombaan untuk memastikan bahwa seluruh peraturan perlombaan dipatuhi.
  1. Apabila kegiatan/acara terpaksa dibatalkan dikarenakan hal-hal diluar kontrol pihak penyelenggara (termasuk hujan deras, badai, atau musibah, demonstrasi), tidak ada pengembalian biaya pendaftaran yang telah dibayarkan dan pihak penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kerugian atau ketidaknyamanan yang terjadi.
  1. Penyelenggara tidak menyediakan penginapan / akomodasi bagi peserta
  1. Para peserta harus dapat menyelesaikan jarak penuh dalam waktu selambat-lambatnya 2 jam 15 menit dari waktu start (gun time).
  1. Batas waktu start adalah 10 menit setelah lomba dimulai. Peserta yang belum melewati garis start setelah batas waktu start dinyatakan tidak memulai perlombaan (DNS) dan tidak berhak atas medali penamat.
  1. Penyelesaian formulir pendaftaran online menegaskan bahwa semua data telah diisi dengan benar dan bisa dipertanggungjawabkan oleh peserta. Kesalahan informasi dalam formulir pendaftaran dapat merugikan peserta dan mengakibatkan peserta didiskualifikasi dari perlombaan.
  1. Penyelesaian formulir pendaftaran online menegaskan persetujuan peserta untuk mematuhi seluruh aturan dan regulasi.
  1. Konfirmasi pendaftaran lomba akan diberikan setelah melengkapi pendaftaran dan pembayaran.
  1. Pihak penyelenggara memiliki hak untuk menutup pendaftaran sebelum tenggang waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ketika kuota lomba sudah penuh.
  1. Peserta menyetujui untuk memberikan informasi tentang kepesertaan yang benar, akurat, terkini dan menyeluruh, yang terdapat dalam formulir pendaftaran. Pihak penyelenggara dapat menghubungi peserta sewaktu-waktu melalui surat elektronik. Surat pemberitahuan dikirim ke alamat surat elektronik yang terdaftar pada pihak penyelenggara akan disamakan dengan yang diterima oleh peserta.
  1. Nomor peserta lomba (bib) adalah pengenal spesifik perseorangan dan tidak dapat dipertukarkan dengan atau dipindahkan/dijual kepada orang lain.
  1. Penjualan dan pemindahan nomor peserta lomba sangat dilarang keras dan akan mengakibatkan diskualifikasi dan pelarangan orang tersebut dalam keikutsertaan di acara-acara lainnya di tahun-tahun berikutnya.
  1. Pada saat pengambilan paket perlombaan, nomor lomba (bib) akan diberikan saat adanya penyerahan bukti konfirmasi dan kartu identitas.
  1. Jadwal dan lokasi pengambilan paket lomba akan diinfo melalui website, surat elektronik yang terdaftar, selambat-lambatnya 3 hari sebelum jadwal pengambilan paket lomba.
  1. Paket lomba tidak dapat dikirim melalui pos dan tidak dapat diambil pada hari perlombaan.
  1. Apabila peserta lomba mendaftar di dua kategori, penyelenggara berhak menahan salah satu bib yang didaftarkan.
  1. Pengambilan paket lomba dapat diwakilkan dengan syarat membawa fotokopi konfirmasi pendaftaran, fotokopi kartu identitas peserta dan surat kuasa dari peserta. Format surat kuasa bisa diunduh disini.
  1. Perwakilan untuk pengambilan paket lomba hanya diperbolehkan untuk mengambil maksimum tiga (3) paket lomba dalam satu (1) antrian.
  1. Peserta yang ditemukan melakukan kecurangan seperti mengganggu/menghadang/ mendorong peserta lain dengan berjalan di depan peserta lain akan langsung dikenakan diskualifikasi. Juga peserta yang mencari keuntungan waktu dengan berlari memperpendek jarak lomba, membonceng kendaraan, dan kecurangan/pelanggaran lainnya terhadap ketentuan-ketentuan perlombaan langsung dikenakan diskualifikasi.
  1. Peserta yang menggunakan atau membawa bib/nomor dada lebih dari 1 saat berkompetisi di hari lomba akan dikenakan diskualifikasi.
  1. Bib perlombaan harus jelas terlihat oleh panitia dan marshal pada saat perlombaan. Panitia dan marshal berhak meminta pelari untuk menunjukan bib pelari atau meminta pelari untuk memperbaiki posisi bib pada saat sedang berlari.
  1. Pos-pos minum terletak di beberapa titik disepanjang lintasan lomba yaitu di KM2.5, KM5, KM7 dan KM9, serta di garis finis.
  1. Penggunaan kendaraan bermotor dan sepeda sangat dilarang keras di jalur lomba, kecuali terkait Penyelenggaraan Lomba.
  1. Penunjukan waktu akan ditampilkan di start line dan finish line. Para peserta akan diijinkan untuk menyelesaikan jarak tempuh paling lama 2 jam 15 menit dari waktu start (gun time).
  1. Peserta yang melewati garis finish sebelum cut-off-time, berhak menerima medali finisher. Peserta yang tidak menyelesaikan lomba setelah cut-off-time (COT) tidak berhak menerima medali finisher.
  1. Keamanan jalan raya dibawah pengendalian Pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan setempat. Layanan kesehatan akan diberikan oleh panitia pelaksana bekerjasama dengan Rumah Sakit setempat dan Pelindung Masyarakat di sepanjang lintasan lomba. Para petugas kesehatan dapat menghentikan peserta untuk melanjutkan lomba dikarenakan alasan kesehatan.
  1. Sistem pengaturan waktu akan disiapkan untuk setiap kategori. Setiap bib/nomor dada akan dilengkapi sebuah tag pencatat waktu. Check point akan ditempatkan di start line, titik tertentu di rute lomba, dan di garis finish untuk mencatat waktu dari masing-masing peserta. Peserta yang gagal mengikuti rute akan didiskualifikasi dari lomba.
  1. Informasi pemenang lomba harus sesuai dengan nomor dada dan data tag yang terdaftar, dengan bukti kartu identitas KTP/SIM/Passport/Kartu Pelajar yang berlaku.
  1. Pemenang yang tidak dapat membuktikan identitas diri sesuai bukti pendaftaran, nomor dada, data tag dan kartu identitas KTP/SIM/Passport/Kartu Pelajar, maka Panitia dapat menggugurkan/mendiskualifikasi pemenang tersebut.
  1. Pemenang ditentukan oleh peserta yang terlebih dahulu menyentuh garis finish dan urutan dibelakangnya sesuai jumlah pemenang yang ditentukan oleh penyelenggara (Gun time).
  1. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan setelah penyelenggara teknis lomba menyatakan bahwa peserta yang berpeluang menang telah memenuhi syarat perlombaan, tidak melanggar peraturan lomba, tidak melanggar administrasi lomba, dan memenuhi persyaratan lainnya.
  1. Apabila ada calon pemenang yang terbukti masih berumur dibawah 14 tahun pada hari perlombaan (15 Desember 2019), maka panitia akan mendiskualifikasi calon pemenang tersebut dan calon pemenang tersebut tidak berhak mendapatkan hadiah pemenang.
  1. Seluruh materi foto, rekaman film peserta beserta turunannya dalam bentuk promosi maupun fotografi pada saat lomba adalah milik Panitia dan dapat dipergunakan seluas-luasnya untuk kepentingan promosi dan penggandaan lebih lanjut.
  1. Penyelenggara berhak membatalkan acara apabila terjadi hal–hal yang terjadi diluar kendali penyelenggara (termasuk di dalamnya pembatalan izin penyelenggaraan yang diberikan oleh pihak yang berwenang, hujan deras, bencana alam, ataupun demonstrasi). Apabila Semarang 10K harus dibatalkan, tidak akan ada pengembalian biaya pendaftaran dan penyelenggara tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau ketidaknyamanan yang terjadi.
  1. Penyelenggara berhak mengubah peraturan kapan saja yang dianggap perlu dan sesuai dengan keadaan. Panitia akan memberitahukan melalui seluruh kanal komunikasi yang tersedia selambat-lambatnya 14 Desember 2019 jam 18:00
  1. Jikalau terdapat perbedaan makna dalam 2 versi bahasa ini, maka akan mengacu kepada versi bahasa Indonesia.
  1. Hal-hal lain yang belum tercantum dalam peraturan ini dapat ditetapkan dikemudian waktu.
Komentar Terbaru
    Arsip
    Kategori